Thursday, November 1, 2007

"Syawal Mob"

Lebaran tahun ini memberikan kesan tersendiri bagi beberapa keluarga home staf KBRI Roma, kenapa? Karena selain merasakan lebaran di negeri yang jauh dari keluarga juga mendapat kehormatan “kunjungan dari Bpk & Ibu Dubes”. Tidak setiap kepala perwakilan berkenan “turun gunung” mengunjungi staf-nya lho…oleh karena itu segala persiapan menjelang kunjungan yang agak mendadak ini (karena KRT Wisma baru memberitahukan kepada keluarga ybs pada malam harinya) cukup seru untuk disimak.

KRT Wisma, mas Ghanis, menelpon pada jam 10 malam bahwa “besok Bapak & Ibu Dubes akan berkunjung ke rumah jam 10 pagi. Bapak dan Ibu tidak makan, hanya minum teh saja”. Ada yang sang istri sudah tertidur karena paginya capek seharian silaturahmi, makan, minum sampe kekenyangan di Wisma. Ada juga yang sudah mau tidur tapi langsung loncat dari tempat tidur dan bikin kue kecil takut gak ada suguhan buat bapak dan ibu besok. Ada pula yang langsung beres-beres rumah, nyingkirin kardus-kardus yang masih berserakan (maklum baru aja buka container pindahan). Yang gak bisa diberesin terpaksa ditutup pake taplak, biar kesannya kaya meja..(jadi banyak meja di rumah).

Paginya, yang belum tau akan ada kunjungan, seperti biasa bangun tidur langsung “nge-net”, tapi begitu dibilang sama sang suami akan ada kunjungan buru-buru bangunin anak-anaknya, mandiin sekalian…biar udah rapi kalau beliau datang. Gak lupa beli bunga buat seger-seger mata dan cake biar gak malu-maluin. Yang semalem udah tau bukan berarti santai-santai, semaleman tidur gak tenang mikirin gimana ya besok? Mau masak apa ya, masak gak disuguhi makan? Sampe ada yang jam 4 pagi udah bangun, tapi mau beres-beres gak enak hati sama tetangga, alias takut di-complain karena berisik geser ini itu. Ada juga yang pagi-pagi udah ke pasar, mau masak seadanya biar kata pengumumannya cuma minum teh. Tapi ada pula ibu yang tenang dan santai “wong katanya bapak dan ibu cuma mau ngeteh aja, ya udah saya siapin teh aja”. Jadi hari itu gak masak apa-apa, karena hari itu ada undangan open house di rumah DCM, yang berarti makan sekeluarga disana, so dapur jadi keliatan bersih dan rapi. Yang udah bikin kue kecil temennya minum teh, eh setelah dicek di lemari dapur, ternyata cangkirnya tak layak saji, buru-buru deh telpon tetangga mau pinjem cangkir.Tapi sang suami tak tega, akhirnya beli baru deh, lumayan jadi punya cangkir baru.


Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, karena KRT bilang ke semua keluarga bahwa bapak dan ibu akan datang pada jam 10, maka ada keluarga yang sudah rapi berbatik ria dari jam 10 pagi, sembari dikit-dikit ngeliatin pintu, nungguin bel, tapi baru dapat kunjungan jam 3 sore..(cape deh…he..he..). Ternyata bapak dan ibu rute-nya dimulai dari daerah EUR, jadi yang belum dapat kunjungan berusaha “dapet bocoran” dari keluarga yang sudah dikunjungi. Open house di rumah DCM jadi ajang cari tau, gimana?, ngapain aja?, ngobrol apa aja?, apa bener cuma minum teh aja? dsb, dll. Tapi dasar yang ditanya juga orangnya jail bin iseng, dibilangnya lah bapak gak cuma minum teh, tapi juga harus disediain minuman lain seperti jus, soft drink, fanta, cola, kue-kue dll. Juga inspeksi ke tiap kamar, ditanyain macem-macem barang di kamar itu. Waduh kok bapak dan ibu haus banget yak..?? Kok sampe mendetail begitu ya untuk silaturahmi aja?? Untung yang cari bocoran gak termakan omongan jail tadi…karena bapak dan ibu emang cuma minum teh dan makan kue kecil aja, biarpun ada juga yang makan siang di rumah salah seorang home staf karena memang saat kunjungan waktunya makan siang, dan sudah disiapkan dengan menu ala kadarnya.


Pada saat undangan makan malam di rumah salah satu keluarga warga Indonesia di Roma jadi ajang curhat tentang persiapan dan kunjungan bapak dan ibu dubes di pagi dan siang hari tadi. Ternyata yang tadinya tegang dan gak bisa tidur malah bisa ketawa-ketiwi, sembari berbagi pengalaman masing-masing ha..ha..ha.. Yang baru beli cangkir ketauan juga sama Bu Dubes, karena begitu dikomentari “wah cangkirnya bagus nih..!” eh malah ngaku kalo baru beli tadi pagi. Ada juga yang merasa “beruntung” karena baru aja pasang sink di dapurnya…maklum berita gak punya sink sudah tersebar se-KBRI, jadi begitu sampe di rumah staf tsb Bu Dubes juga langsung pengen liat, menuju ke dapur…’Untung udah pasang sink…’
Akhir kata, cerita kunjungan ini banyak membawa hikmah, seperti yang tadinya gak punya cangkir, jadi punya, yang tadinya rumahnya berantakan jadi lebih rapi, ada juga yang anaknya jadi punya mainan Lego baru. Dan dengan dikunjungi bapak dan ibu Dubes para home staf mendapat kehormatan besar…terima kasih bapak dan Ibu Dubes. Minal Aidin wal Faidzin…Mohon maaf Lahir dan Bathin.